Big Bang vs Super Junior


Sekali-kali saya membicarakan tentang k-pop, oke? Nah, apa yang saya bahas kali ini adalah tentang dua grup boyband yang sering dianggap terdepan dalam percaturan music k-pop di dunia. Siapakah mereka? Inilah dia, Big Bang dan Super Junior.

Big Bang

Big Bang adalah supergroup laki-laki asal Seoul yang bernaung dibawah YG Entertainment. Beranggotakan G-Dragon, TOP, Taeyang, Daesung, dan Seungri, mereka mulai debut pada tahun 2006.









Super Junior

Super Junior atau yang biasa disingkat SUJU, adalah boyband keroyokan yang terdiri dari 11 personel(Kibum dan Han Geng keluar), yaitu Siwon, Shindong, Eunhyuk, Kyuhyun, Kangin, Leeteuk, Heechul, Yesung, Ryeowook, Donghae, dan Sungmin. Mereka bernaung dibawah SM Entertainment, dan mulai debut tahun 2005.




Perbedaan mereka

Sebelum debut

Big Bang sebelum debutnya tahun 2006, beberapa sudah terkenal sebagai entertainer cilik. Seperti G-Dragon. Sementara TOP dulunya adalah rapper underground. Setelah tergabung dalam Big Bang, mereka jadi lebih terkenal lagi. Beda dengan Super Junior yang semua membernya dipilih lewat audisi. Intinya, member Suju memulai semuanya dari nol.

Fans

Fans Suju menamakan dirinya ELF. Singkatan dari Everlasting Friends. Sementara Big Bang menamakan dirinya VIP.VIP diambil dari nama salah satu lagu Big Bang yaitu ‘Big Bang is VIP’.

Jenis musik dan tarian




Jenis music SUJU umumnya lebih condong kea rah pop dengan tambahan music elektrik. Sementara gaya dance SUJU biasanya sangat khas Korea dengan koreografi yang baik serta ada satu dance machine yang biasanya tampil paling depan, seperti Eunhyuk. Sementara music Big Bang lebih sering mengadaptasi gaya hiphop Amerika. Sementara itu gaya dance mereka lebih simpel,tidak banyak gerak, karena mereka lebih mengutamakan skill menyanyinya. Tapi ada juga dance machine-nya Big Bang, yaitu Taeyang. Siapa yang lebih hebat? Menurut banyak jajak pendapat di Korea sana, Taeyang lebih unggul dari Eunhyuk dalam urusan nge-dance. Menurut anda?




Penampilan solo

Dalam urusan penampilan solo, jelas Big Bang lebih unggul. Semua personelnya sudah memiliki album solo. G-Dragon dan TOP bikin album duo. Taeyang, Seungri, dan terakhir Daesung juga bikin album solo. Sementara untuk kegiatan lain, TOP paling sering membintangi film atau drama korea. G-Dragon sendiri menjadi solois yang sangat produktif selepas duet dengan TOP. Sementara Suju lebih berkutat kepada iklan-iklan, drama(Siwon yang paling produktif), dan OST drama-drama yang mereka bintangi sendiri.

Tur Dunia

Sejauh ini Super Junior telah bikin empat tur dunianya, dan tahun ini mereka hadir dengan Super Show 5. Sementara Big Bang terakhir bikin tur Big Show Alive World Tour tahun lalu, yang sukses besar.

Persamaan

Mereka sama-sama punya prestasi yang mengagumkan!

Kalau saya pribadi sih, saya jauh lebih suka Big Bang. Lagu-lagunya lebih variatif, ada yang bikin sedih seperti ‘Haru Haru’, tapi ada juga yang bikin semangat dan mood jadi naik, seperti ‘Fantastic Baby’. Tapi saya tidak membenci Super Junior. Saya suka sekali lagu ‘Spy’ dan ‘Mr Simple’. Bagaimana menurut anda yang lebih baik?






33 comments:

  1. yahh..saya setuju sama pendapat author..sy lebih suka Big Bang drpd Suju..yahh..selain itu..Big Bang jga unik dr Suju..bukannya saya ingin ngerendahin Suju sihhh..Saya minat dengan kedua2 nya..tapi lebih suka sama Big Bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau juga sih, suju kyknya lebih ke penampilan, sedangkan bigbang lebih ke skill. Tapi member suju ada yg oke juga, kayak duet Eunhyuk Donghae itu skill nyanyi sama dance merata. Ya, sbg cowo saya jelas lebih suka yg ngutamain skill, hehehe

      Delete
  2. hello...hehe..sy sih pasti memilih Bigbang la..sbb Bigbang lbh mantap dr suju..( sy bukan anti suju lo..sy jga e.l.f)..Bigbang jg unik dr segi pakaian,gaya rambut dan musik..degan adanya t.o.p sbg rapper yg amat keren m'jd kn Bigbang lebih mantap..daebak..!!..walaupun Bigbang kurang nge-dance,tapi Bigbang sangat ahli dlm menyanyi..sy suka sama suju krn tarian mrk yg agak mantap itu..sy jg suka sama eunhae couple..ok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOP emang gk ada duanya, ga pernah nemuin rapper yg suaranya sekeren itu. Eminem jg msh kalah bagus dibanding doi, menurut saya. Eunhae emang bagus ituu, apalagi yg I wanna dance.

      Delete
  3. Hello! Saya lebih memilih Bigbang. Bukan karena saya fans mereka, tapi mereka benar-benar mengandalkan skill. Dan saya sangat menghargai itu. Wajah mereka natural, tanpa operasi plastik. Mereka pernah rendah diri pada suju dalam hal wajah. Namun para fans menguatkan mereka sehingga mereka berlatih sekeras mungkin agar terlihat menawan di panggung tanpa operasi tipu daya

    ReplyDelete
    Replies
    1. artis YG emang ga ada yg oplas kan? Sama dong, soalnya sy emang ga suka kpop keseluruhan, tapi suka big bang karena itu salah satunya.

      Delete
  4. gw lebih suka bigbang
    apalagi leader ny G dragon ,,rajin banget bikin gw melting
    bigbang tu unik khas pkokny ngk da deh yg bisa nandingin unikny mreka

    tpi ada jga yg gw suka di suju : yesung

    ReplyDelete
  5. mana mungkin sih suju masing2 bikin album solo. mereka tuh cuman menang taktik pemasaran SM ajah, logika 1 orang punya 30 ribu fans dikali 10 orang udah brp?? apa lagi klo fans itu kan berkembang ya, klo menurut gw bigbang sih hebat lah cuman 5 orang tapi kualitas nya real banget!! walaupun ada beberapa anggota suju yg bisa nyanyi tapi kan bisa diitung pake jari. oh iya tambahan suju juga suka sok imut, masa cowok begitu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ngebash gitu lah gabaik, tapi emang setuju sih kalo BB lebih macho

      Delete
  6. bigbang itu asli ganteng kali, klo super junior kata orang ganteng emang iya sih ganteng tapi kan rata2 oplas. dan super junior kebanyakan lipsing dan ngutamain dance, semua bb or gb yg ditraining pasti bisa ngedance. gw kadang bingung fangirls nya suju bela2 mati2an buat suju, padahal udah telak kenyataan gak ada apa2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya cinta buta mah gitu kali :)

      Delete
    2. Jangan gitu mba/mas, fyi, SuJu oplas tuh karena mereka prnah kecelakaan besar..dan ga semua oplas ko, bisa diliat foto waktu kecil dan sekarang..
      dan jugam ga semua org bisa hebat ngedance dan nyanyi disaat yg bersamaan, mrk setiap supershow live nyanyi ko, mana gerakannya lincah bgt ditambah nyanyi live, itu kan skill namanya :) dan bakat mereka beda2, ada yg nyanyi, dance, MC, rap, acting..kalo mereka ga ada apa2nya, mereka gaakan banyak mendapatkan award dan dapet banyak fans di Korea dan di luar Korea, nyatanya banyak bgt fans mereka di luar negeri, lagu2 mereka juga kan banyak bgt yg jadi hits di Korea atau di luar Korea :) dan yg memperkenalkan Kpop ke dunia itu kan lagunya SuJu yg Sorry Sorry..:)
      intinya, jangan ngehina atau ngebash boyband manapun itu, apalagi ngehina atau ngerendahin yang jelas udah sukses go international, apalagi klo kamu cuma tau nama dan muka nya, apalagi udah jelas kalo mereka terkenal di dunia juga, dan fyi, SuJu udah 10 tahun juga masih terkenal :)
      ada yang suka BigBang, ada juga yg suk SuJu, tergantung selera ;)

      Delete
  7. Menurut saya big bang dan super junior memiliki kemampuan dan talenta yg luar biasa mungkin hanya dari segi penampilan dan Musik yg jelas berbeda kalo big bang lebih unik dan mengutamakan vocal yah dance juga sij tapi sya lbih berpenampik d vocal mereka(big bang) sementara Super junior yah mungkin Merata dgn dance dan vocalnya tp ciri khas keduanya sangat jelas memang terlihat Berbeda dari Super Junior mereka menampilkan Boyband yang sebenarnya mungkin "Sering" di luncurkan oleh agency lain dgn wajah cute&Tampan tp keunikannya adalah Dance mereka seperti Sorry-Sorry, Mr. Simple, Bonamana dan lain", sementara big bang dr segi visual mngkin sedikiy berbeda karna jenis lagi menyungsung hip hop jd tema mereka yah Bad Boy lah berbeda dgn super junior dgn kesan cute'a, dan dari segi musik lagu merka juga menampilkan ciri khas sendiri dari jenis suara setiap member. tapi menurut saya keduanya hebat karena mampu bersaing secara sehat di dunia entertain dgn karya" yg selala menjadi ciri khas trsendiri. I love them. I hate Fan War -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bisa dibilang BB tuh stand out dari style boyband korea kebanyakan, sementara Suju jadi pelopor cute style khas boyband korea kali ya.

      Delete
  8. SJ ama Bigbang mah ky air dan minyak, langit dan bumi, gak bisa dibandingin, sama-sama bagus sama-sama ada pengaruh dan kelebihan (dan kekurangan) masing-masing
    Bigbang untuk skill solo emang sangat diekspos ama YG, disupport buat album solo, budget gila2an dikasih kebebasan dsb, dan beberapa membernya emang dilahirkan untuk jd great artist (ex:GD), plus dg tampilan "beda" mereka gampang jd sorotan
    tp jangan salah, mungkin kalo bicara soal skill, SJ punya daftar bakat dan keahlian yg lebih panjang, di bidang yang sangat variatif dalam entertainment korea (dan kl boleh blg, mereka salah satu /if not the only one/ yang terbaik di bidang masing2), gak cuma nyanyi dan dance doang tp buaaaanyaaak yg lain. Silahkan cari tau sendiri kl penasaran.. Cuma heran aja sih sama yg blg SJ skillnya seiprit bahkan lebih ngeri lagi, talentless *terjun ke jurang*..
    Oh, btw member SJ itu mukanya udah pada ganteng2 begono dari lahir semua, KECUALI kyu (eyelid-udah pada tau seantero jagat) dan yg lain menurutku leeteuk (ada yg beda aja tp gak tau apa -_-), trus shindong yg katanya baru di eyelid jg, cuma kaga ada bedanya ama yg dulu (?)
    Kalo member lain ~ NATURAL ~ so please mind ladies' words :)
    btw thor, lagu SJ selain lagu utama albumnya banyak banget yg bagus kok, semua ada tinggal bilang hahaaa, thanks reviewnya :)

    ReplyDelete
  9. super junior VS bigbang...??
    yah dua"nya punya keunikan tersendiri. terus musik mereka jg beda. dan 2 BB ini sangat berpengaruh di dunia musik k-pop menurut saya... dan aku suka kedua-duanya... mereka daebak!! selalu menampilkan sesuatu yang fantastic, heboh, beda dengan BB lain. aku ajah kenal k-pop karena lagu suju sorry sorry. pokoknya bigbang dan suju merupakan 2 boyband ternama dan paling berpengaruh di dunia k pop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh tumben ada yang suka dua2nya :D Makasih udh mampir!

      Delete
  10. saya lebih suka bigbang karena mereka punya karakter suara , skill, dan penampilan yang berbeda beda (tidak mengandalkan face saja) ;)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Aku setuju dengan kalian yang bilang klo Big Bang dan Suju itu ga’ bisa dibandingkan. Mereka beda agency, beda konsep, dan beda jenis musik yang diusung. Tp ya mreka sama-sama lahir / debut pd generasi ke 2, dan mreka sama-sama punya prestasinya tersendiri yang luar biasa yang sama-sama ga’ bisa dianggap remeh oleh siapapun. Big Bang jg bagus kok dgn skill yang dimiliki masing-masing membernya tp janganlah anggap klo Suju ga’ ada apa2nya, member suju jg punya bkatnya masing-masing. meski dikata orang dr skian bnyak member yang dimiliki Suju yang memilki kemampuan sangat sangat baik dlm hal vocal hnya bbrapa bhkan yang jd lead vocal hanya ada 4 orang dr total 13 member inti (termasuk Hangeng yang keluar dan Kibum yang msh hiatus) dan sisanya jd main vocal dan posisi-posisi lain entah itu posisi dancing / ngerapp tp Suju jg punya kemampuan di bidang lain selain nyanyi dan dance. Dan lagi namanya jg mreka beda agency, YG dikenal dgn mmbebaskan artisnya untuk mengeksplor lebih trlbh dlm hal musik YG emang lbh memfokuskan / tetap memprioritaskan bidang musik pd artisnya yang penyanyi sementara SM kan agak membatasi itu semua tp bukan berarti tdk mmperbolehkan, SM mmperbolehkan artisnya mengeksplor bkatnya misal dlm hal mreka untuk mnciptakan lagu mskipun msh dibatasi kayaknya, sbg cntoh lagu yang ada di dalam album-album Suju setidaknya terselip 1 atau 2 lagu ciptaan dr membernya, wlaupun lagu ciptaan member mungkin blum ada yang dijadikan lagu utama. Dan satu lagi dr artikel yang pernah aku baca tentang Suju, Suju memang dibentuk oleh SM bukan hanya untuk sbg boyband yang fokus pd menyanyi dan menari aja, tp jg aktif di berbagai bidang lain, baik itu penyiar radio, acting, host / MC, bintang iklan, dll. Intinya dibntuk untuk aktif di brbagai bidang karena kemampuan / bkat yang mereka miliki. Pokoknya 2 boyband korea ini sama-sama pantas untuk dibanggakan / dibela oleh fansnya masing-masing karena mreka punya bakat / kemampuan masing-masing dan punya prestasi-prestasi yang hebat. Tp dgn ctatan (maaf bukan brmaksud mnggurui atau apapun itu), kita boleh bangga, boleh mmbela trhdap artis idolanya sndiri tp alangkah lbh baik jgn smpe ujung-ujungnya mlah mnganggap remeh atau ngbash / fandom pd artis idola lainnya. Hehehe...
    Sekian.. maaf pnjaaaaang bgt komentarnya..... Hehehe... terimkasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tpi kk aku mau tanya kok SIWON 'SUJU' pernah ciuman ama 'Heechul' ya di panggung ama di sinetron kalo gak salah itu memang buat kontroversi saja..Jawab

      Delete
    2. tpi kk aku mau tanya kok SIWON 'SUJU' pernah ciuman ama 'Heechul' ya di panggung ama di sinetron kalo gak salah itu memang buat kontroversi saja..Jawab

      Delete
  13. Permisi.. Kebetulan saya adalah seorang ELF.. Dan gak sengaja temui ni artikel.. Sekali lagi gak usah dibanding bandingi ya Author.. Yang terpenting itu adalah Menghargai, kalau dirinci lagi,ingat loh,yang membawa musik K-Pop keluar korea itu Suju loh..
    Lagian artikel diatas belum menunjukkan semua prestasi suju..
    Hati hati,sebelum para ELF dan Shiper Blue dari Jepang melanda mu.. Thanks (y)

    ReplyDelete
  14. tapi saya mau bertanya tapi kenapa siwon itu kok pernah ciuman dengan heechul bahkan buat film/sinetron whatever-Lah buat yang judulnya SIMCHIN dan itu temannya itu tentang laki-laki suka sama laki-laki apa itu yang di namakan cute yah...memang klo cute harus kayak orang homo gitu yha....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bkn homo, tp siwon oppa prn blng klo yg dia lakuin itu hanya semata-mata krn dia sangat sayang pd member lain dia lakuin itu buat ucapan terima kasih kepada memberlain yg sdh bekerja keras selama ini krn dia tipe org yg ngk bisa ungkapin perasaan lewat kt2 mkx skinship aja gitu, awalx jg gue mikir gitu waktu liat dia, tp setelah baca beberapa artikel dan mengungkapkan alasanya aku jd ngerti knp kelakuan oppa ky gitu, bkn maksud membelannya hanya krn sy seorang Elf sekaligus Siwonest

      miang klo ngk ngerti

      Delete
    2. itu bkn homo, tp siwon oppa prn blng klo yg dia lakuin itu hanya semata-mata krn dia sangat sayang pd member lain dia lakuin itu buat ucapan terima kasih kepada memberlain yg sdh bekerja keras selama ini krn dia tipe org yg ngk bisa ungkapin perasaan lewat kt2 mkx skinship aja gitu, awalx jg gue mikir gitu waktu liat dia, tp setelah baca beberapa artikel dan mengungkapkan alasanya aku jd ngerti knp kelakuan oppa ky gitu, bkn maksud membelannya hanya krn sy seorang Elf sekaligus Siwonest

      miang klo ngk ngerti

      Delete
  15. Hello to every one out there i am Nelson Lee Dickson i want to use this great opportunity share this my testimony, I use to be a very poor man who has always not find luck when it comes to playing the lottery, I have been playing lottery since i was 26 years and now i am 47, meaning i have been playing the lottery for 21 years. The biggest fund i have ever won in my life was 600 bucks. But one day my story turns to history after i find this man name Dr Fode on the Internet that he is the best when it comes to winning of lottery. This man is a very strong voodoo doctor who gives out the numbers that can never fail. After all my years of laboring and struggling to win the lottery i finally won ( $56,000,000) Dr Fode is the name, email is drfodesolutionspelltemple@gmail.com he is the only way to win the lottery and it is the best.you can also contact him on whats-app this mobile Number +393510804418 .

    ReplyDelete