Mike Portnoy Keluar Dari Dream Theater!



Okey, we’re back in posting about music, well. Mungkin, hanya kebodohan-lah yang membuat Mike Portnoy bisa-bisanya hengkang dari band yang sudah melambungkan dirinya sebagai salah satu drummer terbaik sepanjang masa plus produser andal selama lebih dari 20 tahun ini. Entah kenapa, dia memutuskan untuk berpindah hati ke Avenged Sevenfold untuk menggantikan The Rev. Padahal, dia dan Dream Theater sedang dalam kondisi puncak, pasca meluncurkan album Black Clouds Silver Linings pada 2009. Sebuah album yang megah walau hanya bermaterikan enam lagu ini.


Sangat sulit membayangkan Dream Theater tanpa Mike Portnoy, yang sama sulitnya seperti Metallica tanpa Lars Ulrich. Dan, ironisnya justru kenyataan itulah yang harus kita hadapi saat ini. Kini, sosok Mike Mangini harus menggantikan peran dari Mike Portnoy, dan, walaupun dia juga merupakan drummer handal, seperti kita lihat di video drum solonya,tapi tetaplah Mike Portnoy adalah sosok yang hampir tak tergantikan di Dream Theater.
Mike Mangini
Mike Portnoy


Dan, sepertinya Dream Theater mulai kehilangan arah tanpa sosoknya. Lihatlah, album terbaru mereka yang berjudul A Dramatic Turns Of Events, yang dirilis pertengahan 2011 yang lalu. Mungkin diantara pembaca ada yang sudah mendengarkannya, atau mungkin sudah mendengar single satu-satunya dari album tersebut berjudul On the Backs Of Angels. Di album tersebut, terutama di single On The Backs Of Angels, terlihat benar bahwa Dream Theater betul-betul kehilangan sosok drummer dalam diri Mike Portnoy. Di lagu ini gebukan drum yang powerful tapi enak di kuping yang menjadi khas Dream Theater sama sekali hilang. Satu-satunya instrumen yang bisa menggantikan unsur yang hilang tersebut hanyalah alunan piano yang merdu dari Jordan Rudess. Secara tak sengaja, saat mendengar lagu ini mungkin pembaca langsung latah dengan mengatakan,”Kok, beda jauh sama album sebelumnya?” atau “Kok gebukan drumnya nggak mantap?”, dan itulah yang dirasakan sama saya.




 
Dan, nyatalah bahwa sepertinya era Metropolis dan Spirit Carries On yang mencirikan musik Dream Theater yang sesungguhnya telah hilang. Kini, Mike Mangini-lah yang bisa tentukan arah Dream Theater. Dan, dia harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa menghapus jejak Mike Portnoy. Karena, sejatinya Portnoy menyesal telah hengkang dari Dream Theater, dan dia ingin sekali kembali bergabung dengan Dream Theater. Jika Mike Mangini tak ingin kehilangan posisinya dari Dream Theater, tentu dia harus menancapkan pengaruhnya di sana dan mampu untuk menarik hati para fans Dream Theater yang sudah terlanjur jatuh hati pada Mike Portnoy. Kalau tidak, bukan tak mungkin dia tak lama lagi bakal terdepak dari band “para dewa” ini.

Next Post:
Review #SKRIPSHIT, Kisah Sesat Jomblo Abadi..eh Mahasiswa Abadi by @shitlicious...

0 komentar: