Tips Lomba Debat


Banyak yang bisa dilakukan dalam lomba debat ataupun lomba-lomba yang mengasah kecerdasan linguistic pada umumnya, seperti pidato, presentasi, dll. Contohnya, membawa kertas-kertas penting berisi data fakta yang barangkali bisa sangat membantu pada proses nantinya. Dan kini, admin blog ini akan berbagi tentang tips-tips dalam lomba debat-mendebat. Here we go.

#1. Pake baju
Giblek. Kalo ente gak pake baju, mana bisa masuk ke ruang debat? Oke, lewat ke tips selanjutnya. Ini bukan mimin yang nulis. Suer.

#2. Siapkan Mental
Barangkali, hal paling utama dalam lomba debat adalah persoalan mental. Tak perlu didebat lagi, karena berdasarkan survey, mental sang peserta sama pentingnya dengan kemampuan berbicara di depan nantinya. Nah, dengan begitu, pengetahuan tentang calon lawan juga bakalan sama pentingnya.

#3. Spying Calon Lawan
Nah, kita harus mengetahui karakter dari calon lawan yang akan kita hadapi. Walau hal ini agak susah untuk dipraktekkan, tapi ada baiknya untuk dicoba. Seperti kata Sun Tzu, pengetahuan tentang lawan sama pentingnya dengan kekuatan yang tengah kau siapkan. Walau ini bukan perang, it is worth to try , mate.

#4. Bawa HP
Mungkin ini agak-agak aneh juga ya. Tapi, saat debat berlangsung, hal paling utama yang diperhatikan adalah keyakinan dari juri bahwa peserta memiliki data dan fakta yang kuat untuk argumennya. Nah, dengan HP itu, terutama yang bisa internetan, kita bisa mencari data dan fakta yang diperlukan dalam perlombaan.

#5Gebrak meja
Naah, kalo misalnya anda emosi atau ingin menunjukkan kehebatan anda, maka gebraklah meja tempat anda mendebat, sambil menyampaikan argument-argumen baru yang telah disiapkan, sambil memegang HP. Ini sangat membantu lho, terbukti saat mimin nyobain ini, dan semua peserta langsung memperhatikan mimin ngomong. Asli.

Wuups…mantep kan, tips-tips mendebat dari saya. Satu pesan lagi, latih terus kemampuan berbicara di depan kelas, ato di depan cermin, niscaya(cuilehh..) anda bisa lebih cihuy lagi dalam urusan debat-mendebat. So, just stay tune at my blog!

Pesan : Oh iya, bentar lagi kan pilgub kota Jakarta bakal segera dimulai. Nah, bagaimana pilihan kalian? Blog ini akan mengulas berbagai kelemahan & kelebihan, serta keuntungan dari setiap pasangan cagub DKI Jakarta periode 2012-2017. Postingannya sendiri bakal dirilis 2 hari lagi. Jarang-jarang posting blog bisa sesering ini.  So, keep blogwalking at my blog, mate! 


Coblos  Bisul Saya!


Bambang Irawan

0 komentar: